2017-Jun-12 22:02:00  Utama

Banda Aceh. Seuramoe Newsroom. Kepolisian Resort Kota Banda Aceh melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan sejumlah instansi terkait di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Instansi tersebut masing-masing Badan Pertanahan Nasional, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan baik yang ada di Banda Aceh maupun Aceh Besar.

Turut Hadir Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T Saladin, Kepala BPOM Syamsuliani, Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh dan Aceh Besar, Kepala Badan Pertanahan Banda Aceh dan Aceh Besar, Kepala Dinas Perindag Banda Aceh dan Aceh Besar.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T Saladin menjelaskan, penandatanganan MoU tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam melakukan tindakan pengkajian penanganan dan pencegahan masalah dalam berbagai aspek. MoU tersebut juga untuk mempermudah kinerja dari instansi-instansi tersebut di lapangan.

“Selanjutnya kerjasama ini untuk peningatan efektifitas dan efisiensi kegiatan Polresta Banda Aceh dengan Badan Pertanahan, Dinas Kesehatan dan Disperindag kota Banda Aceh dan Aceh Besar dalam penanganan permasalahan pada segala bidang,”ujarnya.

Saladin berharap kedepan semakin banyak dinas, baik di Banda Aceh dan Aceh Besar yang bisa diajak untuk bekerjasama, sehingga dalam pelaksanaan tugas bisa berjalan sesuai harapan.

Pada kesempatan itu Kapolresta juga mengingatan pedagang di wilayah hukum Polresta Banda Aceh untuk tidak main-main dengan kesehatan masyarakat, dengan menjual makanan maupun minuman yang mengandung zat berbahaya.

“Saya minta dan ini warning karena kami akan turun untuk melakukan penidakan secara hukum, maka saya minta berhenti, kalau belum pintar nanti saya sekolahkan anda, maka semua produk yang menggunakan pengawet, formalin, borak, ini ancamannya sangat berat, maka saya harapkan tolong berhenti, ini demi kesehatan masyarakat kita,”ujarnya.

Lebih lanjut Kapolresta menjelaskan, kerjasama dengan Badan Pertanahan bertujuan untuk menangani masalah pertanahan dan sertifikasi tanah asset Polri di wilayah hukum Polresta Banda Aceh.

“Ini juga untuk menjaga permainan mafia-mafia tanah agar kita bisa tangani bersama, termasuk jika ada masalah-masalah tapal batas,”ujarnya.

Sementara kerjasama dengan dinas kesehatan dilakukan dalam rangka pembinaan dan penagwasan keamanan, mutu dan gizi pangan serta penyebaran informasi tentang obat dan makanan, kosmetik, obat tradisonal, narkotika psikotropika, bahan berbahaya dan zat adiktif lainnya diwilayah hukum polresta Banda Aceh.

Selanjutnya kerjasama dengan Disperindag dalam rangka pembinaan dan penagwasan  keamanan, , mutu dan gizi pangan serta penyebaran informasi yang berkaitan dengan Perdagangan dan perindustrian dalam wilayah hukum Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Kalau dengan Disperindag juga dalam rangka menstabilkan harga, dan menjaga ketersediaan pangan,”lanjutnya.

Sementara itu kepala BPOM Aceh Syamsuliani menyampaikan apresiasi dengan adanya penandatanganan MoU tersebut karena akan menambah kekuatan dari pihaknya dalam melakukan penanganan beberapa persoalan di lapangan.

“Apalagi ini sudah ada dukungan penuh Polresta Banda Aceh maka kami siap untuk meningkatkan perlindungan masyarakat,”ujarnya.

Syamsuliani menyebutkan saat ini kasus banyak ditangani adalah mie dengan memamakai bahan berbahaya seperti boraks seperti di Peunayong Banda Aceh dan Pidie Jaya. 

“Kita adakan MoU dengan Pemda agar temuan ini, maka kepada para pedagangnnya diberikan pembinaan dulu, tapi kalaupun langsung diproses secara hukum kita juga siap,”lanjutnya. Jf/az

 

 Video Youtube
Belum Ada
 s3ur4m03  Inspirasi
Profil Plt Gubernur Aceh Mayjen TNI (Purn) Soedarmo
 2016-Nov-03 04:51:00

Mayjen TNI (Purn) Soedarmo resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh setelah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo…

 s3ur4m03  Inspirasi
Zaini Abdullah Sang Gubernur
 2016-Nov-03 02:54:00

dr. H. Zaini Abdullah (lahir di Sigli, Aceh, 24 April 1940) adalah Gubernur Aceh Periode 2012-2017. Bersama wakilnya, ia dilantik…

 s3ur4m03  Inspirasi
Muzakir Manaf Sang Wakil Gubernur
 2016-Oct-09 09:10:00

Muzakir Manaf (lahir di Seuneudon, Aceh, 1964) adalah Wakil Gubernur Aceh saat ini. Ia terpilih pada Pemilukada Aceh 9 April…

 s3ur4m03  Infografis
Penanganan Gizi Buruk di Aceh
 2016-Oct-31 03:23:00

Pemerintah Aceh serius menangani masalah gizi masyarakat dari tahun ke tahun. Hal ini terlihat dari menurunnya angka kasus gizi buruk…

 s3ur4m03  Infografis
Penegerian Universitas Swasta
 2016-Oct-09 09:28:00

Penegerian Universitas Swasta

Belum Ada
PENAS KTNA XV 2017
 2017-May-06  2017-May-06

PENAS (Pekan Nasional) KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) XV 2017

Aceh Go Digital Be The Best
 2016-Nov-02  2016-Nov-02

Menuju Pariwisata Berbasis Digital

Rakerda Dekranasda
 2016-Oct-17  2016-Oct-19

Rakerda Dekranasda dan Pameran Kerajinan Unggulan Kabupaten/Kota