2017-Jun-12 21:58:00  Utama

Banda Aceh | Seuramoe Newsroom. Menyikapi berbagai krisis yang terjadi belakangan ini di beberapa wilayah, Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengajak untuk memanfaatkan momentum Nuzulul Quran sebagai jawaban dari berbagai keresahan.

"Saya mengajak kita semua untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai penyejuk dan sekaligus obat yang dapat menyembuhkan umat Islam dari berbagai krisis terutama krisis sosial dan moral," ungkap Zaini Abdullah dalam peringatan Nuzulul Quran tahun 1438 Hijriyah di Masjid Raya Baiturrahman, Minggu (11/6).

Zaini menyadari bahwa era modern kini penuh dengan krisis yang mengancam eksistensi kehidupan manusia seperti krisis lingkungan, krisis energi, krisis pangan, krisis air bersih, dan pemanasan global atau global warming yang dapat mengancam keberlangsungan hidup manusia di bumi.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya manusia yang hidup di era modern, untuk senantiasa berpegang teguh kepada AlQur’an, dengan membaca, mengkaji dan mengembangkan makna Al-Qur’an bagi kepentingan umat manusia.

"Di sinilah letaknya Al-Qur’an sebagai rahmatan lil ‘alamin," tegasnya.

Zaini Abdullah menjelaskan, mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an tidak saja sebagai kewajiban bagi umat Islam, tapi menjadi jalan terang bagi manusia dalam perannya sebagai khalifah di bumi Allah.

Al-Qur’an, sebut Zaini, haruslah menjadi term of reference atau kerangka kerja dalam menata kehidupan umat Islam di era modern yang penuh tantangan. Dalam catatan sejarah umat Islam abad pertengahan, Al-Qur’an telah mampu mengantarkan umat Islam ke era keemasan yang penuh peradaban dan ilmu pengetahuan.

Para ilmuwan muslim telah mampu mengkaji dan mengaktualkan makna Al-Qur’an dalam kehidupan umat Islam. Mereka adalah ilmuwan muslim yang telah berkontribusi bagi peradaban dunia seperti Al-Kindi, Al-Farabi, Ibnu Sina, Al-Khawarizmi, Ibn Rusyd, Ibn Khaldun, Al-Ghazali dan lain-lain.

Zaini juga mengajak, untuk senantiasa melakukan muhasabah dan koreksi diri, agar dapat memastikan sejauh mana kandungan Al-Qur’an telah diamalkan dalam kehidupan pribadi, kehidupan keluarga, kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

"Mari kita pererat kembali ukhuwah dan persatuan ummat dengan mengedepankan prinsip saling menghargai dan menghormati perbedaan pendapat di kalangan umat Islam. Mari kita perkokoh tali silaturrahmi dan kembali menjadikan Al-Qur‘an benar–benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi sekalian alam," ajaknya lagi.

Dengan momentum Nuzulul Qur’an, Zaini berharap munculnya perubahan ke arah yang lebih baik di Aceh. Perubahan yang berlandaskan Al-Qur’an akan mengantarkan masyarakat Aceh menjadi masyarakat yang negerinya baldatun taiyyibatun wa rabbun ghafur.

Dalam acara tersebut Abu Doto juga menandatangani SK penetapan pengelolaan Masjid Raya Baiturrahman sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). "Perlu diketahui bahwa sistem pengelolaan keuangan pola BLU untuk masjid merupakan pertama di Indonesia dan tentunya akan menjadi model secara nasional," pungkas Zaini.

Diakhir sambutannya Zaini menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa bangga kepada seluruh rakyat Aceh yang telah memberikan dukungannya kepada Saya dan Saudara Muzakir Manaf dalam menjalankan tugas-tugas selaku Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Kami mohon maaf atas keterbatasan kami memenuhi seluruh harapan rakyat Aceh, Kami percaya Pemimpin Aceh berikutnya dapat lebih baik lagi memenuhi harapkan rakyat," terang Zaini. (ri/wan).

 

 Video Youtube
Belum Ada
 s3ur4m03  Inspirasi
Profil Plt Gubernur Aceh Mayjen TNI (Purn) Soedarmo
 2016-Nov-03 04:51:00

Mayjen TNI (Purn) Soedarmo resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh setelah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo…

 s3ur4m03  Inspirasi
Zaini Abdullah Sang Gubernur
 2016-Nov-03 02:54:00

dr. H. Zaini Abdullah (lahir di Sigli, Aceh, 24 April 1940) adalah Gubernur Aceh Periode 2012-2017. Bersama wakilnya, ia dilantik…

 s3ur4m03  Inspirasi
Muzakir Manaf Sang Wakil Gubernur
 2016-Oct-09 09:10:00

Muzakir Manaf (lahir di Seuneudon, Aceh, 1964) adalah Wakil Gubernur Aceh saat ini. Ia terpilih pada Pemilukada Aceh 9 April…

 s3ur4m03  Infografis
Penanganan Gizi Buruk di Aceh
 2016-Oct-31 03:23:00

Pemerintah Aceh serius menangani masalah gizi masyarakat dari tahun ke tahun. Hal ini terlihat dari menurunnya angka kasus gizi buruk…

 s3ur4m03  Infografis
Penegerian Universitas Swasta
 2016-Oct-09 09:28:00

Penegerian Universitas Swasta

Belum Ada
PENAS KTNA XV 2017
 2017-May-06  2017-May-06

PENAS (Pekan Nasional) KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) XV 2017

Aceh Go Digital Be The Best
 2016-Nov-02  2016-Nov-02

Menuju Pariwisata Berbasis Digital

Rakerda Dekranasda
 2016-Oct-17  2016-Oct-19

Rakerda Dekranasda dan Pameran Kerajinan Unggulan Kabupaten/Kota