2016-Nov-01 07:51:00  Nasional

Surabaya, 1 November 2016
 (Seuramoe-Newsroom) Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sepakat menjalin kerja sama melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) tentang "Pengembangan dan Penerapan Teknologi Informasi pada hari Selasa, (1/10) di Hotel Swiss-Bell Surabaya. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam Seminar Nasional Sistem Informasi (SESINDO) 2016 yang telah delapan kali dilaksanakan ini.

Nota Kesepahaman ini ditandatangani langsung oleh Kepala Lemsaneg, Dr. Djoko Setiadi, M.Si. dan Rektor ITS, Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc,.Es,. Ph.D. Kesepakatan ini merupakan tekad bersama dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan persandian dan pengamanan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka mendukung tugas dan fungsi ITS.

ITS sebagai perguruan tinggi tentu memiliki kapasitas dalam menghasilkan inovasi-inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Namun demikian, pemanfaatan teknologi tersebut dapat berpotensi munculnya kerawanan yang mengakibatkan terbukanya sistem komunikasi yang memungkinkan siapapun dapat mengakses informasi untuk berbagai kepentingan mereka.

Lemsaneg sesuai tugas dan kewenangannya berkewajiban memberikan dukungan persandian bagi ITS dalam upaya melakukan perlindungan infrastruktur maupun sistem informasi dan komunikasi yang telah tergelar di ITS melalui teknik-teknik persandian yang dikembangkan oleh Lemsaneg.

Nota Kesepahaman ini akan diaktualisasikan melalui beberapa perjanjian kerja sama teknis diantaranya adalah Membangun joint research dalam menggali tema-tema riset teknologi keamanan informasi dan mempromosikan kerja sama riset, Kerja sama teknis di bidang pengembangan sumber daya manusia, dan Kerja sama teknis di bidang peningkatan kapasitas penyelenggaraan pendidikan.

SESINDO

Pada kesempatan yang sama, Kepala Lemsaneg juga menjadi Keynote Speaker dalam kegiatan SESINDO. Tema seminar kali ini adalah "Membangun Ekosistem Kewirausahaan IT yang berkesinambungan dalam rangka menghadapi kompetisi Global di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN".

Kepala Lemsaneg menyampaikan tentang “Pentingnya pengamanan informasi dalam menjadi stabilitas ekosistem kewirausahaan IT.” Dalam keynote speech-nya Kepala Lemsaneg menjelaskan profil Lemsaneg, Perkembangan dan Ancaman Teknologi Informasi/Siber, dan Peran Lemsaneg dalam mengamankan sistem siber pemerintah.

Menurut kepala Lemsaneg, Ada 6 (enam) Tantangan Ranah Siber di Indonesia, antara lain  Aktivitas Teroris dalam Pemanfaatan Teknologi Siber,  Ancaman Teknologi Siber dan Sistem Perbankan/Keuangan, Perlindungan Infrastruktur Kritis Negara, Memiliki Keamanan Teknologi Siber, dan Membangun Kapasitas Sumber Daya Manusia.  Oleh karena itu, dalam menyikapi adanya tantangan tersebut, Lemsaneg memiliki komitmen untuk memperkuat cyber security di Indonesia dalam era perang informasi di berbagai aspek saat ini.

"Kebutuhan keamanan menjadi satu hal yang esensial yang perlu dipenuhi bila menyangkut data elektronik yang sangat rahasia," tutup Dr. Djoko Setiadi, M.Si. (BID)

 

Sumber : http://www.lemsaneg.go.id/

 

 Video Youtube
Belum Ada
 s3ur4m03  Inspirasi
Profil Plt Gubernur Aceh Mayjen TNI (Purn) Soedarmo
 2016-Nov-03 04:51:00

Mayjen TNI (Purn) Soedarmo resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh setelah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo…

 s3ur4m03  Inspirasi
Zaini Abdullah Sang Gubernur
 2016-Nov-03 02:54:00

dr. H. Zaini Abdullah (lahir di Sigli, Aceh, 24 April 1940) adalah Gubernur Aceh Periode 2012-2017. Bersama wakilnya, ia dilantik…

 s3ur4m03  Inspirasi
Muzakir Manaf Sang Wakil Gubernur
 2016-Oct-09 09:10:00

Muzakir Manaf (lahir di Seuneudon, Aceh, 1964) adalah Wakil Gubernur Aceh saat ini. Ia terpilih pada Pemilukada Aceh 9 April…

 s3ur4m03  Infografis
Penanganan Gizi Buruk di Aceh
 2016-Oct-31 03:23:00

Pemerintah Aceh serius menangani masalah gizi masyarakat dari tahun ke tahun. Hal ini terlihat dari menurunnya angka kasus gizi buruk…

 s3ur4m03  Infografis
Penegerian Universitas Swasta
 2016-Oct-09 09:28:00

Penegerian Universitas Swasta

Belum Ada
PENAS KTNA XV 2017
 2017-May-06  2017-May-06

PENAS (Pekan Nasional) KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) XV 2017

Aceh Go Digital Be The Best
 2016-Nov-02  2016-Nov-02

Menuju Pariwisata Berbasis Digital

Rakerda Dekranasda
 2016-Oct-17  2016-Oct-19

Rakerda Dekranasda dan Pameran Kerajinan Unggulan Kabupaten/Kota