2016-Oct-09 08:36:00  s3ur4m03  Ekonomi
Download

Banda Aceh, 03 Oktober 2016 (Seuramoe Newsroom) Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh meliris berita resmi statistik untuk bulan September 2016 , pres realese ini dipmpin oleh kepala Bps Aceh Waliyudin yang dihadiri oleh Pejabat SKPA Pemerintah Aceh terkait, di Aula BPS Banda Aceh (03/10).

Menurut data statistik Bps Aceh pada Bulan September 2016 di kota Banda Aceh mengalami inflasi sebesar 0,78 persen, kota Lhoksemawe inflasi terjadi sebesar 1,44 persen dan dikota Meulaboh inflasi terjadi sebesar 0,83 persen. Secara agregat inflasi yang terjadi di Aceh mencapai 0,98 persen , inflasi ini disebabkan oleh kenaikan indeks harga konsumen.

Kepala Bps Aceh, Waliyudin mengatakan pemerintah harus mengambil tindakan atas terjadi inflasi yang terjadi untuk provinsi Aceh , untuk SKPA terkait. jangan membiarkan inflasi ini terjadi untuk jangka waktu yang panjang .
Di sektor Pariwisata Aceh mengalami peningkatan hal tersebut juga disampaikan oleh Kepala Bps Aceh , untuk itu beliau berharap agar pemerintah untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas kepariwisataan seperti fasilitas yang nyaman aman , sehingga dapat menjadikan daya tarik wisatawan baik domestik maupun wisatawan luar negeri. 

Saat ini wisatawan yang masuk Ke Aceh kebanyakan dari Australia , hal tersebut disebabkan oleh banyaknya masuk kapal persiar masuk dipelabuhan Sabang. Untuk wisata Halal kita belum berhasil menarik wisatawan manca negara dari timur tengah oleh sebab itu beliau berharap pemerintah agar dapat menarik wisatawan dari timur tengah , karena menurutnya timur tengah wisatawan muslim, Masjid Raya Baiturahman Menjadi Objek wisata Halal yang mendaptkan perhargaan nasional, (em/wn-mc-aceh)