Beranda » Berita & Artikel

Sekda Kota Banda Aceh: Jadikan Banda Aceh Pilot Project Keberhasilan Mutu Pendidikan

27 Juni 2013
Sekda Kota Banda AcehBanda Aceh – 27/6/13. (Seuramoe-newsroom) Sekda Kota Banda Aceh, Drs. T. Saifuddin. TA. M.Si Jum’at pagi beberapa hari lalu di Banda Aceh, membuka sosialisasi program peningkatan   mutu pendidikan yang didanai oleh USAID melalui program USAID PRIORITAS yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan bidang pendidikan di Kota Banda Aceh.
 
Dalam sambutannya, Sekda Kota Banda Aceh mengharapkan Kota Banda Aceh dapat dijadikan pilot project keberhasilan program pendidikan tersebut di Aceh, “Kami berharap dengan adanya program ini, Kota Banda Aceh dapat dijadikan pilot dalam peningkatan mutu pendidikan terutama untuk pembelajaran di Provinsi Aceh,” harap T. Saifuddin TA. Sekda juga menegaskan bahwa proses dan kualitas harus diperhatikan dalam peningkatan mutu, “Proses dan kualitas berpengaruh signifikan terhadap mutu pembelajaran, oleh karena itu hal tersebut harus diperhatikan dalam pengembangan mutu,” tegas T. Saifuddin TA.
 
 
Dalam kegiatan yang bertajuk “Kaji Ulang dan Perencanaan Diseminasi Praktik Baik Pendidikan Dasar di Kota Banda Aceh” tersebut, Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama Kota Banda Aceh memaparkan program yang telah disusun dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di kabupaten tersebut terutama dalam rangka peningkatan mutu Proses Belajar Mengajar (PBM) dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Program tersebut selanjutnya disingkronisasikan dengan program USAID PRIORITAS yang telah mempersiapkan 30 orang fasilitator daerah yang berasal dari unsur dinas pendidikan, kemenag, kepala sekolah dan guru di Kota Banda Aceh yang telah melewati masa pelatihan di Banda Aceh beberapa waktu lalu dan diharapkan dapat menjadi asset daerah ini untuk peningkatan mutu pendidikan.
 
 
Sehari sebelumnya, kegiatan yang sama berlangsung di Kabupaten Aceh Besar, amanat Bupati Aceh Besar yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Kab. Aceh Besar, Drs Burhanuddin MS MM mengharapkan dukungan semua pihak untuk berkontribusi positif meningkatkan kompetensi para guru, “Kami sangat mengharapkan kepada semua pihak yang terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan ini untuk dapat memberikan kontribusi positif meningkatkan kompetensi para guru dalam hal motivasi dan inovasi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan tidak diluar kontek itu,” harap Bupati Aceh Besar
 
Seperti diketahui, Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Pemerintah Provinsi Aceh akan membantu 7 kabupaten/kota dan menambah 3 kabupaten lainnya di Aceh pada akhir tahun 2013 dalam program USAID PRIORITAS untuk peningkatan mutu pendidikan. Program ini bekerjasama dengan para guru, kepala sekolah, dan komite sekolah untuk menghadapi tantangan utama dalam menyediakan pemerataan akses pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan profesionalisme guru di 7 Provinsi atau 69 Kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Program ini juga bekerjasama dengan 19 Universitas di Indonesia untuk menghasilkan lulusan calon guru yang lebih baik.(fj-as-Mc Aceh)
 
Dikembangkan dan dikelola Oleh Dishubkomintel Aceh