Beranda » Berita & Artikel

84 PEDAGANG MISKIN BANDA ACEH DAN ACEH BESAR DAPAT MODAL USAHA

3 Februari 2012

Banda Aceh,02/02/12 (Seuramoe- Newsroom).  84 orang Mustahik miskin  Wilayah Banda Aceh dan Aceh besar kembali mendapat bantuan dari Unit Pengelola Zakat Sektor Perdagangan Produktif  (UPZP – BMA) Baitul MaL. Bantuan diserahkan di Halaman Baitul Mal Banda Acehg, Kamis, 02/02
Penyaluran Zakat Produktif Baitul Mal Aceh sektor Perdagangan ini adalah Tahap IV 2011.  Kepada masing-masing mustahik akan diberikan dana pinjaman tampa bunga sebesar Rp  1 juta, 2 juta hingga 3 juta rupiah. Total zakat yang akan disalurkan kali ini sebesar Rp. 165 juta yang bersumber dari penerimaan zakat 2010 demikian ujar Kepala UPZP BMA,  demikian kmenurut Rizky Aulia di acara tersebut.

Rizky Aulia  menambahkan, jenis usaha yang mendapatr pinjaman modal bervariasi, rinciannya meliputi usaha warung kopi, penjual nasi, pedagang keliling, penjual buah-buahan, pedagang ikan, pelaku industri rumah tangga, sampai penjual bensin eceran.
Selain itu Rizki mengungkapkan selama tahun 2011, rincian zakat produktif yang disalurkan dengan sisitem dana bergulir adalah, untuk sektor perdagangan RP. 1,3 M kepada 358 mustahik, sedangkan untuk pertanian RP. 391 juta kepada 120 mustahik, untuk sektor sewa beli becak mesin telah diserehkan 20 becak penumpang dan 9 becak barang kepada 29 mustahik dengan jumlah dana Rp. 435 Juta.
UPZP BMA juga berharap dengan adanya  bantuan modal ini dapat menopang upaya pemenuhan kebutuhan sehari-hari masayarakat miskin, agar bisa mendorong mereka untuk mandiri  pada gilirannya nanti bertransformasi menjadi muzakki.
Penyerahan modal usaha kali ini merupakan penyaluran zakat produktif BMA terakhir melalui UPZP, kedepan sektor ini akan fokus dikelola oleh Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) bentukan BMA. Di samping dana zakat, LKMS nantinya juga akan mendayagunakan dana infaq dan sadaqah dengan konsep produktif. (Mus/wan)

 
Dikembangkan dan dikelola Oleh Dishubkomintel Aceh